Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Crumple Zone pada Mobil

Crumple Zone pada Mobil

Dilansir dari merdeka.com bahwa baru-baru ini viral sebuah video yang memperlihatkan kecelakaan yang melibatkan satu mobil dan motor.

Crumple Zone pada Mobil

Uniknya, dalam video tersebut terlihat penampakan mobil yang ringsek sedangkan sebaliknya, motor yang ditabrak dari arah belakang itu terlihat masih utuh.

Hal itu kemudian menimbulkan spekulasi yang beragam dari warganet.

Ada yang mengatakan bahwa motor tersebut memiliki kekuatan yang super. Padahal kerusakan pada mobil diakibatkan karena adanya crumple zone pada mobil.

Pengertian Crumple Zone

Mobil zaman sekarang dikenal memiliki daya tahan yang tidak sekuat mobil lawas.

Hanya terkena sedikit tabrakan dari sisi depan saja mobil sudah mengalami kerusakan yang cukup parah.

Namun, hal tersebut bukanlah tanpa alasan. Para produsen mobil kini sengaja melakukan itu sebagai salah satu fitur keamanan.

Fitur keamanan tersebut dinamakan sebagai crumple zone.

Mengutip dari laman wuling.id, crumple zone adalah fitur keamanan yang sekarang sudah diterapkan pada berbagai jenis mobil. Tujuannya adalah untuk membantu melakukan penyerapan energi dampak dari terjadinya sebuah tabrakan yang mengendalikan deformasi.

Deformasi adalah suatu perubahan yang terjadi pada bagian bentuk atau desain body mobil.

Perubahan tersebut terjadi dari bentuk mobil yang mulus sampai menjadi ringsek atau berkerut. Crumple zone biasanya diletakkan di bagian depan dan belakang mobil.

Crumple zone pertama kali dipakai dan diperkenalkan oleh Bela Barenyi dan diterapkan pada mobil Mercedes Benz Fintail di tahun 1959.

Konsep crumple zone juga diterapkan pada kereta api terutama pada kereta api yang mengangkut penumpang.

Fungsi Crumple Zone

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa crumple zone berguna untuk melindungi bagian ruang dalam kabun agar tidak mudah rusak ketika terjadi tabrakan.

Crumple Zone pada Mobil

Hadirnya crumple zone pada mobil ini akan membantu mendistribusikan serta mengurangi energi saat ada benturan yang terjadi pada mobil.

Akibatnya, desain mobil akan terasa lebih ringkih dibanding biasanya.

Hal ini berbeda dengan konsep desain mobil pada zaman dahulu yang berlomba-lomba untuk menggunakan bahan yang kuat dan tahan benturan apapun.

Namun, desain tersebut tentu berbahaya pada penumpang yang ada di dalam mobil.

Energi yang mengalir akibat benturan akan memperparah kondisi dan cedera penumpang.

Mobil akan menjadi seperti dinding yang kokoh ketika mengalami benturan.

Oleh karena itu jika bagian mobil terlalu keras, maka energi benturan akan mengalir ke dalam kabin mobil dan menyebabkan benturan yang fatal.

Hal ini selaras dengan teori Newton.

Sebuah mobil yang mengalami tabrakan kan berhenti secara tiba-tiba sedangkan pengendara mobil yang berada di dalam kendaraan masih bergerak dengan arah dan kecepatan yang sama sebelum terjadi benturan.

Cara Kerja Crumple Zone pada Mobil

Setelah mengetahui apa itu crumple zone dan fungsinya pada mobil, maka selanjutnya, Anda perlu mengetahui bagaimana cara kerja crumple zone pada kendaraan mobil.

Mobil yang memiliki teknologi crumple zone akan memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi ketika kecelakaan.

Para penumpang yang ada di dalam mobil akan merasa lebih aman, ketika kecelakaan.

Kondisi kabin juga akan baik-baik saja dan tetap utuh. Namun, di sisi lain, bagian depan mobil akan mengalami kerusakan yang cukup parah.

Pada saat terjadi tabrakan hebat, gaya kinetik (energi) yang datang dari arah berlawanan akan diterima dan diserap oleh crumple zone ini.

Konsekuensinya, area ini akan mudah rusak sehingga energi benturan akan mengecil atau bahkan bisa habis seketika ketika mencapai kabin mobil.

Pada kendaraan mewah, letak crumple zone ini biasanya berada di area mounting atau peningkat mesin transmisi.

Sehingga apabila terjadi tabrakan, mesin dan transmisi di bagian depan akan langsung jatuh dan tidak terdorong ke belakang. Ini dilakukan untuk memberikan proteksi terhadap penumpang.

Demikian adalah penjelasan tentang apa itu crumple zone, fungsi, dan cara kerjanya pada mobil.

Jadi, apabila terjadi sebuah kecelakaan di jalan raya dan kondisi mobil mengalami ringsek secara berlebihan, hal itu dikarenakan adanya fitur keselamatan yang ditanamkan pada mobil untuk melindungi penumpang dari cedera parah.

Demikian mengenai Crumple Zone pada Mobil.

Posting Komentar untuk "Crumple Zone pada Mobil"